Menambahkan auto bcc dan auto forward di qmail, centos 6.x / 7.x

0
510

Selamat pagi bangun pagi sehabis semalam lembur di kantor untuk migrasi mail server ke perangkat yang lebih uptodate, oke kali ini saya akan membagikan tutorial menambahkan auto bcc dan auto forward ke dalam mail server qmail, jadi nantinya email masuk dan keluar dari target@sekolahlinux.com akan dikirimkan semuanya ke email backup@sekolahlinux.com, oke berikut ini caranya

mengaktifkan autoforward saja tanpa autobcc di qmail bisa dengan cara ini

maksud perintah diatas adalah setiap email yang masuk ke user@sekolahlinux.com akan otomatis di forward ke email admin@sekolahlinux.com dan juga akan masuk ke email si user@sekolahlinux.com itu sendiri.

nah bagaimana jika kita ingin auto bcc, jadi ketika user@sekolahlinux.com mengirim email keluar otomatis dia akan menambahkan admin@sekolahlinux.com secara otomatis ke dalam tujuannya tanpa harus minta persetujuan dari si pengguna, namun cara ini juga bisa sebagai auto forward dan tidak akan bentrok jika di gabungkan dengan perintah diatas.

nah file qmail akan secara otomatis langsung memasukkan perintah2 diatas tanpa harus di reload atau di restart. kelemahan dari auto bcc sendiri adalah jika kita mengaktifkan feature auto bcc maka feature auto forward akan otomatis aktif juga secara bersamaan juga di feature ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here